Monday, 21 May 2012

Cara Menghadapi Ulangan

 
Sebagian dari teman-teman mungkin seorang pelajar yang pasti pernah menghadapi yang namanya ulangan .. Nah oleh karena itu aku mau kasih tau cara-cara buat belajar sebelum ulangan mau pun pas ulangan. Sebenarnya ulangan itu bukan lah suatu hal yang mengerikan karena dengan tips ini bisa membuat anda menjadi tidak takut ulangan.. haha..
Berikut beberapa tips supaya bisa pede pas ngadepi yang namanya ulangan..
1. Pelajari bab/bagian materi yang paling kamu suka Pasti ada lah.. 1, 2 materi atau bab yg ditresnani? Biasanya kalo kita belajar bab yang kita sukai, nantinya kita bakal mudeng, nah dari mudeng kita bakal dapet yang namanya rasa asyik, nah rasa asyik ini bisa jadi stimulus dahsyat untuk melangkahkan otak ke bab berikutnya.
2. Belajar dibikin santai. Ngga usah gemrungsang ini nih yang jadi masalah kalo udah mepet waktu. Bawaannya gemrungsang ora karuan! kita jamin, otak ga bakal konek dalam keadaan kaya gini. Lu mau masukin materi segampang apapun kalo keadaan lagi ngga kondusif ntar jatohnya juga ga bakal masuk. Apalagi teori yg multicomplicated? ahhh tewas!
3. Belajar semampunya, ngga usah maksa!
kalo kita belajar pake sistem wayangan, resiko yang bakal kita peroleh adalah ngga semua materi bakal selesi di pelajarin dalam waktu semalem. Pasti. Nah maka dari itu, mending kita pelajarin matang-matang beberapa materi aja. Sebelumnya kita kalkulasikan dulu target minimal yang harus dicapai. Yang penting nyampe target dulu. Urusan diluar target, kita namakan bonus nile. Entah dari mana asalnya. Sekreatif lu cara dapet jawabannya. Mau nunggu wangsit, mengandalkan insting, tembak-menembak, menyilang indah.. atau apapun itu yg penting penuhin dulu standar minimalnya!
4. Stay Cool
Kalo udah detik-detik menuju ulangan, keep stay cool aja! anggap materi yg dipelajarin udah cukup. Optimis bisa! ngga usah takut. Niscaya nanti ketemu jalannya… KEep pede always.. :D
5. Jangan lupa berdoa setiap saat
Meminta petunjuk-Nya agar kita diberi kemudahan, supaya kalo pas lagi mentok2nya kita dapet feeling jawaban yang bener. hehe
Itu aja tips dari saya.. semoga berguna ya..  

0 comments:

Post a Comment