Wednesday, 25 January 2012

Mengganti Taksabar Windows Xp menjadi Apple Mac OS dengan ObjectDock

Salah satu ciri khas dari Apple Mac OS ada pada Taskbar-nya, dimana untuk masing-masing aplikasi memiliki ikon yang berdiri sendiri dan bisa langsung diakses. Berbeda dengan Windows yang harus mengklik Start terlebih dahulu untuk dapat mengakses aplikasi yang diinginkan (kecuali kita memasang shortcut pada desktop).
Nah, buat temen-temen yang bosan dan ingin mengubah tampilan taskbar Windows XP-nya mirip seperti Apple Mac OS bisa menggunakan aplikasi freeware ObjectDock. Gambar berikut adalah tampilan Windows XP dengan ObjectDock, deretan ikon pada bagian bawah merupakan shortcut beberapa aplikasi yang telah ditentukan sebelumnya, dan saat kita mengarahkan mouse ke deretan ikon tersebut, otomatis ikonnya akan membesar.
Bagaimana penggunaan ObjectDock, berikut informasi singkatnya.
Configure Object Dock adalah tempat dimana kita mengatur visualisasi dari software ObjectDock ini, di dalamnya ada beberapa tab menu yang masing-masing mempunyai fungsi pengaturan yang berbeda. Pada tab menu General kita mengatur startup dari ObjectDock ini sendiri, Load ObjectDock at startup (menjalankan langsung saat login Windows) dan Hide the Windows Taskbar untuk menyembunyikan taskbar Windows yang asli. Bagian Performance mengatur kualitas animasi dari ObjectDock.
Tab menu Themes mengatur themes dari ObjectDock dan membackup tampilan yang sudah kita buat. Berikutnya Docklets, di sini kita menentukan aplikasi apa saja yang ingin ditampilkan dalam taskbar ObjectDock ini, secara standar ada beberapa shortcut yang sudah disiapkan (1). Jika kita ingin menambahkan sendiri, kita bisa menambahkan dengan memilih Shortcut (2) dan mengklik Add this Docklet to the Dock, selanjutnya kita tinggal membuka file .exe (atau  file lain) dari aplikasi yang kita inginkan.
Appearance adalah menu untuk mengkustomisasi ikon dari shortcut, bagian (1) untuk ukuran ikon normal dan (2) untuk ukuran ikon saat kita hover dengan mouse. Bagian (3) dan (4) mengatur background dari ikon-ikon shortcut ObjectDock beserta tingkat transparansi (dalam contoh saya buat background tidak terlihat).
Positioning, di sini kita mengatur posisi shortcut ObjectDock (1), jarak dengan batas layar (2), posisi saat kita membuka aplikasi, windows, atau panel lain (3), dan respon saat kita mengarahkan mouse ke posisi shortcut ObjectDock.
Sedangkan untuk efek saat kita mengarahkan mouse ke ikon dapat diatur melalui tab menu Effects (Mouseover effects) dan tanda tambahan pada ikon aplikasi yang sedang berjalan (Other Appearance Settings).
Dock Contents, melalui Dock Contents ini kita mengatur ikon apa saja yang dimunculkan dalam taskbar ObjectDock ini, apakah hanya ikon aplikasi saja atau juga menampilkan ikon aplikasi yang sedang aktif bersama dengan ikon yang ada termasuk posisinya terhadap ikon aplikasi standar (dalam contoh ikon aplikasi yang sedang aktif saya letakkan di sebelah kanan ikon standar).
Selain menu Configure ObjectDock ini, masing-masing ikon dapat kita kustomisasi secara terpisah dengan mengklik kanan ikon tersebut. Di sini kita bisa menghapus ikon dan mengubah image ikon (Dock Entry Properties).
Demikian temen-temen informasi singkat tentang ObjectDock ini, untuk lebih jelasnya temen-temen bisa mencoba melakukan kustomisasi sendiri sesuai dengan keinginan.
Sumber: http://ariawijaya.com

1 comments:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!