Sunday, 2 October 2011

Review Tropico 4 Memberi Peningkatan Gameplay Lebih Mendalam

Tropico kini kembali mendapatkan sekuel terbaru yang telah mencapai sekuel ke Empat dengan konsep permainan yang masih tetap sama dengan sekuel sebelumnya atau Tropico 3 yang rilis pada tahun 2009. namun kini dengan pembaharuan pada visual yang lebih detil dan gameplay yang lebih mendalam lagi. Beberapa fitur baru pun juga ditanamkan pada Tropico 4, seperti bencana alam. Mari kita bedah game ini lebih mendalam lagi.

Gameplay
Tropico 4 menghadirkan beberapa mode permainan yang mencakup mode Tutorial, Campaign, Extra Missions, Sandbox, dan Challenges. Pada mode campaign akan menyajikan 20 skenario baru pada 10 peta yang berbeda. Sedangkan pada mode challenges memungkinkan kita membuat scenario dan mengupload ke internet untuk dapat dimainkan oleh pemain lain dalam mengadu tinggi nilai score permainan yang didapat.
Dalam permainan, kita dapat memilih salahsatu dari puluhan avatar yang disediakan atau kita dapat berkreasi membuat avatar sendiri, setelah menjadi Presiden kita akan mengemban tanggungjawab dalam membangun kota dan mengelola pulau tersebut. Pada awalnya kita hanya disediakan beberapa bangunan dan fasilistas yang sangat minim. Kita dapat memulai dengan memberikan kesejahteran pada rakyat, yakni dengan membangun beberapa ladang untuk menghasilkan pangan, membangun tempat tinggal yang layak, hingga beberapa fasilitas umum seperti jalan, klinik dokter, sekolah, dan lain-lain. Jika keuangan negara kita semakin baik, kita dapat membangun bangunan yang lebih baik lagi seperti rumah sakit, restoran, hotel, apartemen, taman bermain dengan roller coaster, museum, dan sebagainya untuk menarik para wisatawan dari negara lain. Tropico 4 menghadirkan 20 tipe bangunan baru yang meliputi, Aqua Park, Roller Coaster, Pabrik bahan kimia, Stock Exchange, Shopping Mall, Aqua Park, Pembangkit listrik tenaga nuklir, Weather Station, dan sebagainya.

Misi pada Tropico 4 kian tersaji dengan baik dan rapi. Game ini akan memberikan misi lewat beberapa event yang terjadi dan misi yang akan kita emban akan terpajang pada samping kanan layar permainan, yang akan hilang dari layar jika kita berhasil menyelesaikan misi tersebut. Misi-misi dalam game ini pada awalnya sangat mudah dan hanya berkisar, seperti contoh membangun beberapa ladang, menghasilkan 500 jagung, merekrut 4 dokter, dan sebagainya. Seiring permainan berjalan, tingkat kesulitan game ini pun terasa semakin berat, seperti mengharuskan kita mencapai target ekspor dalam jumlah yang ditentukan, dan sebagainya.
Pohon teknologi dalam game ini memang terancang dengan baik dan rapi. Beberapa bangunan mengharuskan kita membangun bangunan lain terlebih dahulu untuk dapat membangun bangunan tersebut, seperti contoh kita dapat membangun logging Camp, kemudian kita membangun Lumber Mill, setelah itu kita dapat membangun pabrik furnitur dalam menghasilkan barang-barang furnitur untuk diekspor ke negara lain dalam mendapatkan pemasukan keuangan negara. Akses membangun dalam game ini pun dikemas lebih rapi dan mudah untuk dipelajari.

Tropico 4 terdapat beragam macam kelompok yang akan memperhatikan dan menyuarakan kepentingan masing-masing, yang meliputi kelompok Kapitalisme, Komunisme, Religius, Nasionalisme, Militerisme, Intelektualisme, dan Environmentalisme atau pecinta lingkungan hidup. Seperti contoh kelompok pecinta lingkungan hidup akan menyuarakan tingginya polusi udara dan perusakan hutan akibat pembangunan Logging Camp. Jika dibiarkan terus menerus, mereka akan berdemo di jalan dan menutup bangunan tersebut. Kita sebagai presiden bisa saja menuruti atau tidak menuruti semua keinginan dari kelompok-kelompok tersebut.
Sebagai presiden di pulau Tropico, kita dapat saja memerintah dengan cara kita sendiri, apakah itu secara liberalis ataupun tangan besi yang menghalalkan segala cara, seperti mengirim pembunuh bayaran untuk menyingkirkan saingan kita, menyekap orang-orang ke dalam penjara, dan sebagainya. Ataupun kita dapat melakukan pendekatan dengan memperhatikan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat. Seperti membangun lebih banyak industri, sekolah, tempat berekreasi, tempat tinggal yang lebih baik, dan sebagainya, yang penting meningkatkan happiness atau kebahagian.

Kini tantangan tidak hanya datang dari roda perekonomian, pemberontakan, ataupun politik saja, tapi juga bencana alam yang total ada 6 jenis bencana pada game ini yang meliputi gempa bumi, gunung meletus, angin tornado, dan tsunami. Bisakah kita menghadapi berbagai krisis yang menerpa ? Dengan keuangan negara yang cukup, kita bisa saja membangun beberapa gedung pemadam kebakaran untuk mengatasi api yang membakar kota akibat dari gunung meletus atau menyediakan tempat pengungsian dan sigap dalam membangun kembali bangunan yang hancur akibat dari bencana tersebut.
Game ini juga menanamkan akses ke situs jejaring sosial yakni Facebook dan Twitter, yang memungkinkan kita untuk memposting screenshot permainan ke halaman situs jejaring sosial tersebut. Saat mencoba fitur tersebut ke Facebook. game ini mengalami hang dan mesti ditutup paksa dengan mengunakan task manager. Sedihnya, permainan barusan akhirnya tidak tersimpan, namun untungnya ada save game otomatis yang masih menyimpan sebagian besar permainan kita sebelumnya. Tropico 4 juga telah menyertakan puluhan Achievements menarik yang bisa kita dapatkan sehingga membuat kita bermain ulang untuk berusaha mendapatkan semua Achievements yang memang menjadi keasikan tersendiri bagi sebagian besar pemain. Achievements dalam game ini diantaranya membangun listrik 1000 MW Nuclear Power Plant, membangun 1337 bangunan, berhasil selamat dari 10 bencana alam, dan sebagainya.

Graphic
Peningkatan grafis pada Tropico 4 tidaklah telalu terasa. Namun saat kamu menseting ke Ultra, visual game ini tampak keren dan terlihat semakin halus dan detil. Seperti kita dapat melihat barang hasil indutri ataupun pertanian yang menumpuk dibelakang bangunan. Kemudian perubahan dari pagi hari ke siang hari hingga malam hari terlihat sangat dinamis. Terlihat juga efek bayangan yang bekerja secara real-time. Seperti bayangan awan yang bergerak tertiup oleh angin.
Overall
Tropico 4 memang merupakan game simulasi strategi yang adiktif dengan manajemen yang mendalam. Namun bagi pemain yang telah mengikuti tiap sekuel Tropico pasti merasakan bahwa sekuel ke 4 ini hanya merupakan pembaharuan pada gameplay serta visual yang sedikit baik lagi. Boleh dikatakan sebenarnya Tropico 4 lebih cocok dirilis sebagai ekpansion daripada sebuah game standalone atau judul game yang berdiri sendiri.
Tropico 4
Publisher : Kalypso
Developer : Haemimont Games
Genre : Simulasi Strategi
Release date : 30 Agustus 2011
Platform : Xbox360 dan PC
Score
Gameplay. 80
Graphic. 80
Overall. 85

0 comments:

Post a Comment