Wednesday, 31 August 2011

Preview Serious Sam 3, Game FPS Arcade yang memompa Adrenalin dan Brutal


Siapa yang tidak mengenal Sam. Seorang karakter game yang pemberani dan brutal, yang menjadi tokoh utama dalam game Serious Sam ini sudah tidak asing lagi di telinga gamers. Dan kini Sam tampil lebih macho dan keren dalam sekuel terbaru Serious Sam yang akan segera rilis pada tanggal 18 Oktober tahun ini. Sekuel tersebut bakal diberi judul Serious Sam 3 : BFE. Namun hingga saat ini Croteam belum mau mengumumkan secara resmi arti singkatan BFE. Kemungkinan besar merupakan singkatan dari Before First Encounter. Oke, mari kita simak preview game ini yang juga dirilis untuk multi platform, yakni PC, Xbox360, dan juga Playstation 3.
Sekuel Serious Sam 3 akan berseting pada abad 22 di Mesir dan Sam akan menjelajahi beberapa lokasi yang meliputi perkotaan, padang gurun, hingga reruntuhan kuil. Sam masih dipersenjatai beberapa senjata lama seperti Shotgun, Minigun, Double Pistol, Shotgun dengan dua laras, Canon Ball, dan Rocket Launcher. Sedangkan senjata modern dan futuristik hanya beberapa saja yang terlihat untuk saat ini, seperti tali laser, yang dapat membelah siapapun yang mengenainya. Disamping dari pengunaan berbagai jenis senjata, Sam juga dapat melakukan serangan jarak dekat seperti mengunakan kapak untuk membelah tubuh monster ataupun dengan hanya mengunakan tangan kosong saja, Sam dapat mencabut bola mata monster dan darah pun berciprat ke layar monitor. Game ini memang terlihat semakin brutal dan penuh dengan darah.
Hingga pada sekuel ke 3, Sam juga masih tidak dapat bersembunyi dibalik objek. Karena hal itu tidak akan menjamin keselamatan Sam dari serbuan monster ganas yang mengepung dari segala arah. Yang dapat dilakukan hanyalah berjuang untuk bertahan hidup dengan berlari sambil menembak. Inilah yang menciptakan keasikan tersendiri bagi pemain dalam game ini. Monster yang dihadapi Sam pada sekuel ke 3 juga jauh lebih banyak dan bervariasi, karena tim developer mengkombinasikan monster yang ada pada sekuel sebelumnya dengan monster baru, hasilnya terlihat cukup mengesankan. Sudah menjadi ciri khas dalam game ini kita bakal menghadapi monster yang berukuran raksasa, seperti banteng dan kalajengking seukuran gajah, minotaur raksasa, robot Mech, Troll raksasa yang dapat mengangkat mobil dan melempar ke arah kita, dan sebagainya. AI musuh juga masih terlihat brutal dan cukup membuat adrenalin pemain terpompa saat melihat gerombolan musuh berlari ke arah kita sambil berteriak dan membawa bom ditangan mereka untuk meledakan diri atau pada saat gerombolan banteng besar yang berlari ke arah kita.
Grafis pada Serious Sam 3 tampil lebih mengagumkan. Bagaimana tidak, coba amati perbedaan gambar pada Serious Sam 2 dengan Serious Sam 3. Terlihat pada serious Sam 2 memiliki visual yang tampak kartun. Sedangkan Serious Sam 3 yang kini telah mengunakan engine game baru dan modern, yakni Serious Engine 3, dapat menyajikan visual yang lebih detil dan tajam serta lingkungan permainan yang lebih realistis dengan fitur lingkungan yang dapat dihancurkan. Walau sebenarnya tidak sepenuhnya dapat dihancurkan. Hanya beberapa saja seperti pada pilar atau tembok yang dapat roboh atau hancur saat terkena ledakan. Kemudian efek visual juga terlihat mengesankan pada demo game di level padang gurun dengan badai pasir yang membuat jangkauan penglihatan menjadi pendek, sehingga monster akan muncul mendadak disekitar kita dari balik kabut. Hal ini menambah pengalaman bermain menjadi semakin seru.
Seriuos Sam 2, tampak katun
Gambar diatas, Serious Sam 2 yang tampak kartun dan gambar dibawah, Serious Sam 3 yang tampak realistis.
Sampai sejauh ini, Serious Sam 3 terlihat cukup mengagumkan dan menyenangkan untuk sebuah game First Person Shooter tipe Arcade. Kelihatannya pihak developer benar-benar Serius dalam mengarap Serious Sam 3 dan mereka menjanjikan bakal ada tempat rahasia dan item yang tersembunyi disetiap level yang dapat dicari oleh pemain seperti halnya pada sekuel Serious Sam sebelumnya.
Serious Sam 3
Developer : Croteam
Publisher : Devolver Digital
Release Date : 18 Oktober 2011
Platform : PC, Xbox360, Playstation 3

0 comments:

Post a Comment