Monday, 15 August 2011

Ini Dia Robot AIDA Yang Ramah Dan Ekspresif

aida-bots
Ingin melihat robot sederhana namun ekspresif?
MIT baru-baru ini bereksperimen untuk merevolusi navigasi GPS dengan membuatnya ramah dan prediktif, menggunakan robot yang ramah penolong untuk mengantisipasi kebutuhan Anda. The Affective Intelligent Driving Agent (AIDA) adalah sebuah robot kepala dan leher yang mengingatkan kita pada film robot dari tahun 1980-an.
aida-robotRobot ini mampu berekspresi seperti senyum, sedih, menunjukkan peringatan ataupun mengedipkan mata pada Anda. AIDA dikembangkan sebagai kolaborasi antara Personal Robot Group di MIT Media Lab, MIT Kota SENSEable Lab, dan Volkswagen Group of America’s Electronics Research Lab.
Perilaku AIDA yang terlihat ekspresif sebenarnya dirancang agar Anda sayang dengan perangkat Anda yang membantu navigasi harian Anda. Robot ini mampu belajar mengenai perjalanan keseharian Anda dan daerah mana saja yang Anda sering tuju.
Lebih jauh lagi, robot ini mampu menyimpan data agenda lokal dan kondisi lalu lintas jalanan yang mana lebih macet sehingga Anda bisa melalui jalan lainnya. Robot ini juga akan menavigasikan Anda ke pom bensin bila tangki bensin Anda hampir habis.
Sistem navigasi saat ini mencakup banyak fungsi. Lalu lintas data dan dimasukkan dalam detouring mobil seperti Ford Taurus. Dan data lalu lintas agregator seperti Navteq Inrix dan acara termasuk data untuk memberitahu Anda ketika ada pertandingan di stadion setempat, misalnya. Nissan juga memamerkan sebuah robot asisten dalam pivo konsep 2 mobil di pameran mobil Jenewa 2008.
Nah, sudah siapkah Anda punya navigator robot perjalanan seperti AIDA ini?

0 comments:

Post a Comment